Jumat, 18 Maret 2016

Bahasa Indonesia 2 : Analisis Artikel




Paragraf 1 : Deduktif, karena  ide pokok pada kalimat tersebut terdapat diawal  kalimat dengan pola pengembangan yang digunakan yaitu dari umum – khusus.

Paragraf 2 : Deduktif , karena dari paragraph tersebut disebutkan wilayah Barat Kota Tangerang kemudian disebutkan secara khusus kecamatan mana saja.

Paragraf 3 : Induktif, karena ide pokok ada di awal paragraph berupa opini yang secara khusus disebutkat dari wali kota. Khusus – umum.

Paragraf 4 : Deduktif, karena pola pengembangan paragraph umum - khusus.

Paragraf 5 : Induktif, karena pada awal paragraf di kutip secara khusus opini dari pejabat bersangkutan dan pola pengembangan paragraph  khusus - umum.

Paragraf 6 : Induktif karena ide pokok paragraph ada di awal yang disebutkan secara khusus daerah mananya kemudian dijelaskan secara umum. Pola paragraph tersebut khusus – umum.

Paragraf 7 : Induktif, karena pola pengembangan paragraph bersifat khusus – umum.

Paragraf 8 : Induktif, karena pola pengembangan paragraph tersebut bersifat khusus - umum.

Paragraf 9 : Deduktif, karena pola pengembangan paragraph tersebut bersifat khusus – umum.

Cara menguji data yang digunakan pada artiket diatas adalah dengan melakukan observasi yaitu pengamatan secara langsung sehingga penulis artikel bias menggambarkan kondisi yang terjadi saat itu. Kemuadian didukung dengan otoritas yaitu menanyakn langsung pada ahlinya, dalam artiket tersebut adalah pejabat yang bersangkutan ; Walikota Tangerang, H. Arif R. Wismansyah dan Kabid Perencanaan Sarana dan Prasarana Bappeda Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono.

Kesimpulan dari artikel berita diatas adalah Implikasi yaitu disajikan berdasarkan fakta – fakta yang ada dilapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar