Selasa, 01 Oktober 2013

PERUBAHAN KEBIASAAN – KEBIASAAN MASYARAKAT

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi banyak kebiasaan – kebiasaan yang berubah di tengan masyarakat. Dahulu mungkin ada kebiasaan – kebiasaan yang selalu dilakukan namun, sekarang kebiasaan kebiasaan tersebut sudah jarang dilakukan atau bahkan tidak pernah dilakukan lagi. Berikut adalah beberapa kebiasaan – kebiasaan yang telah mengalami perubahan : 

1. Permainan Anak – Anak 

Masih ingat dengan permainan gobak sodor, congklak, puzzle, petak umpet, kejar-kejaran dll ? Saya yakin ketika dulu anda kecil pasti anda pernah melakukan permainan – permainan tersebut. Permainan –permainan itu dulu dilakukan dengan melibatkan banyak teman – teman, semakin banyak teman yang ikut bermain maka semakin seru, yaa walaupun setelah melakukannya akan merasa lelah tapi tepat saja mengasikan. Dulu banyak sekali permainan – permainan serupa yang dapat melatih anak - anak bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama dengan orang lain dan permainan tersebut baik untuk perkembangan anak.

Tapi kalau kita lihat sekarang sudah jarang sekali anak – anak melakukan permainan tersebut, karena anak – anak lebih memilih untuk bermain games yang ada di gadget yang beraneka ragam mulai dari yang ada di PSP, PS, Handphone, tablet dll. Yaaa walaupun di gadget – gadget tersebut juga ada permainan serupa versi digitanya dan juga banyak games – games yang bisa mengedukasi namun rasanya pastilah berbeda. Kalau kita bermain secara langsung kita bisa bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan teman – teman. 

2. Berkirim Surat Dengan Teman atau Saudara 

Dulu berkirim surat merupakan satu – satunya cara agar kita dapat mengetahui kabar teman atau saudara kita yang berada di tempat yang jauh. Selain untuk mengetahui bagaimana kabar teman atau saudara kita yang berada di tempat yang jauh, dengan berkirim surat kita juga bisa meningkatkan keterampilan kita dalam menulis, Bahkan dari kebiasaan berkirim surat itu dulu ada yang dinamakan “Sahabat Pena” yang dimana walaupun kita tidak pernah bertemu dengan seseorang namun kita merasa dekat karena selalu curhat dengan cara berkirim surat. Tahu buku “Habis Gelap, Terbitlah Terang” ? ya itu merupakan buku yang berisi kumpulan surat antara R.A Kartini dengan sahabat penanya yang berada di belanda, itu salah satu contoh dari sahabat pena.

Dengan berkembangnya teknologi yang ada sekarang kita tidak perlu lagi untuk berkirim surat untuk mengetahui kabar mereka, sekarang kita bisa telepon, sms, mengirim e-mail, atau memanfaatkan social networking yang ada untu tetap keep in touch dengan teman atau saudara yang berada jauh dengan kita dan tentunya dengan lebih cepat, praktis dan mudah. Yaa even esensial dari berkirim surat tetap tidak bisa terganti.
  
3. Sikap Menghormati Orang Yang Lebih Tua 

Pernahkan kalian di ajarkan untuk membungkukan badan ketika lewat di depan orang yang lebih tua ? saya yakin pernah sekalipun tidak pernah pasti kalian pernah melakukannya. Nah itu merupakan salah satu sikap menghormati kita kepada orang yang lebih tua, tapi sekali lagi kalu dilihat sekarang sudah jarang sekali orang melakukan hal tersebut. Hmmm atau ketika dulu kalian mencium tangan orang yang lebih tua ketika sedang bersalaman, dulu memang kita melakukannya tapi seiring berjalannya waktu kita jadi jarang melakukannya kecuali kepada keluarga sendiri atau kerabat pasti kita melakukannya.

4. Tegur Sapa 

Masyarakat Indonesia di kenal dunia sebagai masyarakat yang ramah karena selalu tersenyum dan bertegur sapa ketika bertemu, namun kebiasaan bertegur sapa itu sudah mulai di tinggalkan seiring waktu berjalan terutama di daerah perkotaan. Ada berbagai alasan kenapa mereka jarang bertegur sapa mulai dari malu, canggung atau takut di kira sok kenal kalau kita melakukannya. Padahal tak ada ruginya juga kalau kita melakukan hal tersebut malah itu menberi kesan kalu kita orang yang ramah pada orang yang kita temui. 

5. Larangan Untuk Keluar Rumah Saat Malam 

Dulu para orang tua melarang anaknya berada di luar romah pada saat malam hari. Entah kenapa alasannya tapi keluar dimalam hari dianggap sebagai suatu yang tidak baik untuk dilakukan bahkan asing untuk dilakukan. Tapi sekarang tidak lagi, bahkan ada yang malah beraktivitas dimalam hari. 

Nah, itulah tadi beberapa kebiasaan – kebiasaan yang telah berubah dimasyarakat antara dulu dan sekarang. Sebenarnya adanya perubahan – perubahan itu wajar saja terjadi asalkan perubahan tersebut mengarah pada hal yang lebih baik. Semoga tulisan yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih…… see you…..! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar